~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya

~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya - Sahabat sufi dimanapu berada semoga sajian Dunia Sufi, Dapat sedikit memberikan inspirasi betapa pentingnya untuk memperdalam ilmu Agama baik itu Tauhid maupun syariat sebagai bekal pondasi untuk mencapai tinggat ketaqwaan dan derajat yang tinggi.Sehinga semoga melalui ulasan ~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya, Kita dapat memmetik pelajaran yang terkandung didalamnya dan mampu mengamalkanya.Dengan ~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya kita bisa ambil yang baiknya saja

Sajian blog sufi judul:

~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya

Ulasan blog sufi terkait:


~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya

~Seputar  Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya
kitab-kuning-klasik.blogspot.com - Sebagai insan biasa, sudah hal yang wajar jika hati kita susah, gelisah, jenuh, gundah, resah, gulana atau lebih tepatnya ''Galau'', hmmmmm memang itulah manusia. Namun sebagai muslim yang taat sudah seharusnya kita cerdas dalam menyikapi apabila hati kita galau, tentu harus di obati dengan Ramuan Anti Galau.

Lalu apa Ramuan Anti galau itu?
dalam sebuah kitab kuning Sayyid al-Jaliil Ibrahiim al- Khowwaash memaparkan:
 
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺍﻟﺠﻠﻴﻞ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﻜﺮﺍﻣﺎﺕ ﻭﺍﻟﻤﻌﺎﺭﻑ ، ﻭﺍﻟﻤﻮﺍﻫﺐ ﻭﺍﻟﻠﻄﺎﺋﻒ ، ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺍﻟﺨﻮﺍﺹ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ : ﺩﻭﺍﺀ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﺷﻴﺎﺀ : ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺑﺎﻟﺘﺪﺑﺮ ، ﻭﺧﻼﺀ ﺍﻟﺒﻄﻦ ، ﻭﻗﻴﺎﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ ، ﻭﺍﻟﺘﻀﺮﻉ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺴﺤﺮ ، ﻭﻣﺠﺎﻟﺴﺔ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ .
Sayyid al-Jaliil Ibrahiim al- Khowwaash berkata, Penawar hati ada lima :
• Membaca alQuran dengan penuh perenungan
• Mengosongkan perut dengan berpuasa
• Mengisi malam dengan aneka pengabdian
• Merendahkan diri pada Sang Pencipta Alam disepertiga malam
• Bergaul dengan orang-orang shalih dan pilihan Al-Adzkaar I/107
 
Keterangan senada juga terdapat dalam Kitab “Sifat ash-Shafwah” karya Imam Ibnu al-Jauzi Jamaluddin Abi al-Faraj Abdurrahman bin Ali al-Jauzi, jilid 2 halaman 62,.......
الحسن بن علويه قال سمعت يحيى بن معاذ يقول دواء القلب خمسة أشياء : قراءة
القرأن بالتفكر و خلاء البطن و قيام الليل و التضرع عند السحر و مجالة
الصالحين

Artinya:
Hasan bin Alawiyah berkata: Aku mendengar Yahya bin Mu’adz (wafat di Naisabur 258 H. / 872 M.) berkata, obat hati ada lima perkara, yaitu:
1. Membaca Al-Qur’an dengan menyimak arti dan maksudnya,
2. Kosong perut (memperbanyak puasa sunnah),
3. Menegakkan shalat sunnah pada waktu tengah malam,
4. Merendahkan diri kepada Allah pada waktu sahur,
5. Bergaul dengan orang-orang yang shaleh.

Nah, itulah 5 obat hati atau anti galau, semoga kita bisa istiqomah untuk selalu mengamalkannya.
terakhir saya tambahkan Do'a anti galau :

اللَهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَِ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحُزْنِ وَ أَعُوْذُ بِكَِ مِنَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ و أَعُوْذُ بِكَِ
مِنَ الْجُبْنِ وَ الْبُخْلِ أَعُوْذُ بِكَِ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

”Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kebakhilan, dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan penindasan orang. 


Salam hangat buat sufimania yang telah membaca ~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya

Semoga sajian ini dapat menjadikan nilai manfaat bagi kita semua. Dan dari ulasan ~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya, bisa menberikan sedikit gambaran dan pencerahan buat kita semua, Jika bicara mengenai Dunia Sufi memang tidak akan pernah ada habisnya karena semakin kita mencapai puncak kenikmatan dalam mengarungi samudra sufi makan akan semakin haus pula kita untuk meguk ilmu rahmat-Nya.Dan jika ada sesuatu yang krang berkenan atau kritik tentang ~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya silahkan untuk meninggal komentar dibawah buat bahan masukan kita nanti.bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "~Seputar Tips Agar Hati Tidak Galau Temukan Kajiannya"

Post a Comment